Ada Apa Dengan PPI 2010???

Mungkin kalian merasa heran kenapa harus membahas masalah pemilihan putri Indonesia 2010 yang berlangsung tadi malam dan disiarkan secara langsung oleh Indosiar ini. Tapi aku merasa sangat perlu sekali menuliskan tentang hal ini.

Awalnya aku juga malas mau menonton acara ini. Namun, berhubung temanku satu rumah begitu ngebetnya mau menonton, ya jadi kamipun ikutan nonton deh.

Saat diumumkan nama-nama yang masuk ke babak 10 besar, tidak ada perasaan apapun karena memang kita semua tidak tahu bagaimana penilaian para finalis itu disaat karantina. Pada babak 10 besar ini, para finalis yang berhasil lolos diwajibkan menjawab pertanyaan dalam waktu 30 detik. Disini ada beberapa kontestan yang menjawab dengan gugup dan bahkan tidak bisa menjawab dengan baik, termasuk putri DKI Jakarta 4 yang berhasil lolos sebagai pemenang. Dari babak ini, menurut kami kontestan yang mantap dalam menjawab adalah dari Bali dan juga Jambi. Kedua kontestan yang juga sama-sama mahasiswi fakultas hukum ini memberikan jawaban yang patut di acungi jempol.

Saatnya pengumuman 5 besar. Disini mulai timbul rasa kecewa. Kenapa???? Ada suatu rasa tidak puas saat diumumkannya finalis yang berhasil lolos ke babak 5 besar ini. Sebut saja dari DI Yogyakarta, DKI Jakarta 4, Gorontalo, Jambi dan Bali. Untuk Jambi dan Bali, kami satu rumah merasa mereka memang pantas melaju ke babak ini. Namun 3 kontestan yang lain??? Mereka adalah orang-orang yang tidak menyelesaikan pertanyaan pada babak 10 besar dengan baik, malah menjawab dengan gugup dan terbata-bata. Hanya merasa heran saja, kenapa mereka bisa lolos sedangkan masih ada yang lebih baik dari mereka. Tapi karena sudah dijelaskan kalau penilaian adalah 75% saat karantina. Jadi kami masih berhusnudzan kalau mungkin saja mereka nilainya tinggi di karantina. Sampai di sini, masih menurut saya dan kawan-kawan, kandidat yang kuat bakal menggantikan Qory adalah dari Jambi atau Bali.

Dimulailah babak selanjutnya. Kelima kontestan itu juga diwajibkan menjawab satu pertanyaan yang diberi waktu 1 menit untuk menjawab. Pada babak ini, putri DKI Jakarta 4 itu menjawab dengan bahasa Inggris. Tapi tetap saja jawabannya tidak meyakinkan. Apakah hanya karena dia sendiri yang menggunakan bahasa Inggris di sesi ini sehingga dia bisa menang?????

Hello…bahasa Inggris itu sudah biasa kali…untuk sekedar info, yang ikut miss universe itu biasanya belum tentu fasih berbahasa Inggris. Terutama yang dari daerah Amerika Latin, mereka pasti menggunakan bahasa Spanyol. So….Kontestan Indonesia???

Sekali lagi kami satu rumah merasa jawaban yang diberikan finalis dari Jambi dan Bali patut mendapatkan acungan jempol. Sehingga rasanya wajar saja kalau nantinya mereka berdua yang bakal menang pikir kami. Namun apa yang terjadi??? Mereka berdua tersingkir. Jangankan menang, masuk 3 besar saja tidak. Dari sini sudah makin terlihat aneh. Seolah-olah putri Indonesia itu sudah terpilih saat karantina, dan babak-babak yang ada itu hanyalah formalitas saja.

Bukannya bermaksud untuk menjelek-jelekkan Putri Indonesia yang terpilih, hanya saja merasa masih ada yang lebih baik daripadanya. Bukankah nantinya juga akan dikirim ke Miss Universe? Wakil dari Indonesia yang sudah terbaik saja masih gagal ( Hanya Artika Sari Devi yang berhasil lolos 15 besar ). Apalagi yang seperti ini…dan juga katanya untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia pada dunia luar, tapi kenapa dipilih orang yang ketika berbicara di depan orang banyak saja terbata-bata?

Pemilihan putri Indonesia 2010 ini membuat kita semua kembali mengingat pemilihan putri Indonesia 2005. Saat itu banyak yang mengkritik kenapa Nadine Chandrawinata bisa terpilih, termasuk Putri Indonesia 2001 Angelina Sondakh juga ikut memberikan kritikan tentang itu.

Ya…apapun itu, semuanya telah terjadi. Berharap putri yang terpilih ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik…

Advertisements

About diahaksaeng

Suka menonton drama-drama yang menarik
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s