Dong Yi

Seperti yang telah kujanjikan sebelumnya, kali ini aku akan menuliskan tentang Dong Yi. Dong Yi adalah salah satu drama saeguk yang berating tinggi di tahun 2010. Drama ini dibintangi oleh Han Hyo Joo (Brilliant legacy) dan juga Ji Jin Hee (Jewel In The Palace/Dae Jang Geum), sehingga benar-benar mengingatkan ku kepada jang geum. Ah,,,,Min Jung Ho ssi. Tapi karakter Ji Jin Hee di sini beda jauh dengan di Jang geum. Kalau di Jang Geum kan Min Jung Ho cool sekali, tapi kalau di Dong Yi, hmmmmm tonton sendiri deh, susah dijelaskan hahahahahaha. Drama ini juga menjadi ajang reunian Han Hyo Joo dan Bae Soo Bin setelah Brilliant Legacy. Dong Yi adalah drama sageuk yang kedua yang kutonton setelah Jang Geum tentunya.

Hampir sama dengan Jang Geum, drama ini juga menceritakan perjalanan hidup seorang wanita yang bernama Dong Yi. Berlatarkan dinasti joseon, pada zamannya raja Suk Jong. Cerita ini dimulai saat Dong Yi masih kecil, mungkin sekitar 8-12 tahun, soalnya umurnya tidak di ceritakan dengan jelas. Dong Yi terlahir dari keluarga budak yang otomatis juga menjadikan dirinya seorang budak.


Kehidupan seorang budak sangatlah menyedihkan. Sering diperlakukan tidak adil oleh orang-orang yang berkuasa. Ayah Dong Yi merupakan pemimpin persatuan pedang kaum budak, abangnya adalah seorang pemain musik di istana. Bae Soo Bin memerankan Cha Cheon Soo yang dari awal sampai akhir selalu melindungi Dong Yi.

Suatu hari terjadi pembunuhan seorang gubernur. Dong Yi kecil yang sedang berlari dari kejaran temannya yang kalah pertandingan, tanpa sengaja melihat tubuh sekarat gubernur itu yang tak lain adalah ayah Jang Mu Yeol (muncul di episode akhir-akhir). Gubernur itu menunjukkan isyarat tangan kepada Dong Yi, tentu saja Dong Yi kecil itu tidak mengerti apa-apa. Isyarat tangan ini juga yang ditunjukkan oleh Jang Ok Jung (selir Jang / gelarnya Hee Bin). Kemudian, persatuan pedang yang dipimpin ayahnya difitnah telah melakukan pembunuhan terhadap para aristokrat yang akhirnya menyebabkan ayah dan abangnya meninggal. Cheon Soo terluka parah dan terpisah dengan Dong Yi.

Dong Yi kecil dengan bantuan Hwang Ju Sik dan Young Dal akhirnya menjadi budak di bagian musik istana. Tentu saja dia harus mengganti namanya agar identitasnya tidak diketahui. Maklum saja dia dikenal sebagai anak kriminal. Dia mengganti namanya dari Choi Dong Yi menjadi Cheon Dong Yi. 6 tahun pun berlalu, Dong Yi masih tetap menjalani hari-harinya sebagai seorang pelayan di bagian musik istana, sampai akhirnya dia terlibat kasus yang juga melibatkan Selir Jang. Sifat Dong Yi yang selalu penasaran dengan sesuatu yang terlihat aneh baginya, membuatnya bertemu dengan raja untuk pertama kalinya. Tentu saja dia tidak mengetahui kalau orang yang bertemu dengannya itu adalah raja, sehingga dia berani bertindak tidak sopan dengan menginjak punggung raja wkwkwkwkwk. Ini adalah peristiwa yang tidak pernah dilupakan oleh raja hahahahaha.

Dong Yi yang merasa terhutang budi dengan selir Jang menjadi terperangkap semakin jauh dalam kasus yang melibatkan para elit politik kelas atas itu. Kasus ini juga semakin mendekatkannya dengan raja yang waktu itu masih dikiranya seorang pegawai kerajaan biasa. Raja yang terpesona dengan sikap dan kepintaran Dong Yi, dan juga atas saran selir Jang akhirnya merekomendasikan Dong Yi kepada permaisuri untuk dijadikan dayang pengawas kerajaan. Meskipun permaisuri sudah memberikan persetujuannya, tentu saja perjalanan Dong Yi untuk menjadi dayang tidak semulus itu. Banyak yang menentang keputusan itu, terutama dari dayang pengawas kerajaan itu sendiri yang tidak terima karena seorang budak bisa menjadi dayang istana yang tingkatan jauh lebih tinggi dibandingkan budak. Tapi Dong Yi berhasil membuktikan kalau dia layak untuk posisi itu.

Menjadi dayang istana tidaklah semudah yang dibayangkan. Apalagi posisi dayang pengawas kerajaan. Dong Yi yang tidak bisa melihat ketidakadilan dan kejadian janggal terjadi, selalu saja berusaha untuk mengungkapkannya. Hal ini membuat dia berseteru dengan Selir Jang, yang mengakibatkan terusirnya permaisuri keluar istana yang kemudian kedudukan itu digantikan oleh selir Jang. Sikap Dong Yi yang tidak pernah bisa diam melihat itu semua, hampir saja merenggut nyawanya. Tapi dia tidak pernah menyerah untuk membuktikan yang sebenarnya. Raja yang dari awal sudah menaruh perhatian kepada Dong Yi akhirnya memutuskan untuk menjadikan Dong Yi dayang pilihan. Tentu saja keputusan raja ini ditentang habis-habisan oleh para menteri. Tapi dasar raja yang sudah terlanjur sayang dengan Dong Yi tetap saja melanjutkan keputusannya itu. Meskipun banyak rintangan yang harus dilalui, sampai-sampai Dong Yi harus keluar dari istana, tapi raja tetap menyayanginya. Dong Yi diberi gelar Selir Sook Bin. Dari Dong Yi, raja mendapatkan 2 orang anak, namun sayang anak pertama mereka meninggal dunia. Sedangkan anak kedua yaitu pangeran Yeon Ing nantinya menjadi raja ke-21 dinasti joseon.

Advertisements

About diahaksaeng

Suka menonton drama-drama yang menarik
This entry was posted in Drama and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s