Rumor Tentang 1박 2일 (Part 1)

Ibarat kata pepatah, jika ada awal pasti akan ada akhirnya. Begitulah yang terjadi dengan variety show yang sangat kita cintai yaitu ilbak iil atau 1 night 2 days. Acara ini telah mencatat rating yang bagus selama 4 tahun berturut-turut dan menjadi variety show nasional di Korea. Bahkan tidak hanya bagi warga Korea saja, acara yang ditayangkan ke seluruh mancanegara lewat stasiun TV KBSWorld ini juga berhasil merebut hati fans luar negeri. Efek dari acara ini bisa dilihat dari banyaknya warga asing yang berkunjung ke Korea karena menonton acara ini yang memang bertujuan untuk mempromosikan tempat-tempat pariwisata di sana. Jadi iri dan sempat berharap kalau Indonesia juga punya acara seperti ini, kan tempat wisata Indonesia juga tidak kalah indahnya dengan Korea. Sayang dunia pertelevisian Indonesia sepertinya hanya dipenuhi oleh sinetron-sinetron yang sama sekali tidak ada mutunya, bahkan seringnya hanya menjiplak dari drama luar negeri.

Kenapa acara ini begitu dicintai pemirsanya? Mungkin karena acara ini benar-benar real tidak dibuat-buat dalam artian para membernya tidak bertindak berdasarkan naskah, tapi murni menunjukkan dirinya apa adanya. Dan yang paling disenangi adalah persahabatan para member sudah seperti saudara. Mereka peduli terhadap satu sama lain, dan itu benar adanya, tidak hanya di saat mereka syuting tapi juga diluar lokasi syuting.

Oke, masuk ke inti cerita. Aku tahu suatu saat nanti acara ini pasti akan berakhir tapi tidak menyangka akan berakhir secepat ini. Berhubung aku baru mengenali acara ini di akhir-akhir tahun 2010 setelah menonton drama Gumiho yang dibintangi Seunggi. Padahalkan acara ini sudah dimulai pertengahan tahun 2007, meskipun bagiku acara ini dimulai saat Seunggi ikut jadi membernya pada November 2007. Acara ini mulai menuai popularitas ditahun 2008 dan sampai sekarang masih merupakan program variety show terbaik.

Menjadi variety show terbaik, bukan berarti semuanya berjalan mulus. Dalam perjalanannya juga banyak mendapatkan kritikan dan komentar yang tidak enak, seperti ada bagian merokok dan minum alkohol yang tidak sengaja terlewatkan dalam proses editan, meskipun merupakan hal biasanya disana namun mereka tidak boleh minum atau merokok saat syuting acara ini, sehingga ketika terdapat kesalahan langsung mendapatkan komentar yang tajam dari para pemirsa setianya. Mungkin inilah bedanya Korea dan Indonesia kali ya. Kalau di Indonesia, meskipun minum minuman keras bukan kebudayaan kita, tapi ketika di sinetron ditampilkan adegan seperti itu, sepertinya orang melihatnya biasa saja atau mungkin karena tidak ada yang peduli. Ya sudahlah…go to the main topic

 Di saat episode 129 ditayangkan ada adegan Seunggi memasak “Beer can Chicken” yang ternyata mengundang kontroversi yang cukup heboh di kalangan netizen. Ada yang mengatakan Seunggi sengaja mengiklankan beer, karena beer yang dibelinya itu merupakan produk dengan merek yang sama yang menjadikannya sebagai bintang iklannya kkkkkk. Pokoknya, setelah episode itu tayang, banyak komentar pedas yang ditujukan ke Seunggi.

Selain itu, tim produksi acara ini mendapatkan banyak kritikan diakhir tahun 2009 saat mereka langsung memutuskan untuk mengambil Kim Jong Min kembali sebagai member tetap setelah dia selesai melaksanakan wamil sehingga member menjadi 7 orang. Banyak orang yang mengatakan kalau keputusan itu terlalu terburu-buru. Maklum saja selama 2 tahun lebih rasanya sudah sangat pas formasi 6 orang member itu, dan menurutku itu adalah formasi terbaik. Setelah itu, sekitar Mei 2010 Kim C memutuskan untuk mengundurkan diri jadi member. Dia mengatakan bahwa dia merasa tertekan dan selama beberapa bulan terakhir dia tidak bisa menonton acara ini, dan acara ini menjadi hal yang ditakutinya. Trip ke Gyeongju (episode 154-156) menjadi trip terakhir Kim C. Sejak saat itu, formasi member kembali menjadi 6 orang. Pertengahan tahun 2010, MC Mong terkena kasus hukum dengan dugaan menghindari wamil yang merupakan isu paling sensitif disana, yang kemudian mengharuskan Mong keluar dari acara ini tanpa adanya perpisahan seperti yang dilakukan buat Kim C. Episode 170 menjadi episode terakhir Mong, dan yang menyedihkan di episode ini dia diedit habis-habisan. Jadinya sejak episode 171 member tinggal 5 orang. Semua itu tidak berhenti begitu saja. Entah dimulai sejak kapan yang pasti akhir-akhir 2010 makin banyak yang menyuarakan sampai membuat petisi atas nama fans ilbak iil untuk mengeluarkan Kim Jong Min dari acara ini dengan alasan dia tidak berkontribusi apa-apa terhadap acara ini. Memang sih, kalau dilihat-lihat Jong Min hanya banyak diamnya dan seperti tidak berkontribusi, namun menurutku tidak harus sampai membuat petisi untuk mengeluarkannya. Untungnya PD Na tetap mempertahankan Kim Jong Min dengan segala resikonya. Akhir tahun 2010 pun ditutup dengan cemerlang oleh tim ilbak iil dengan menyabet 3 penghargaan di KBS Entertainment Award, yaitu Best Entertainer Award dimenangkan oleh Eun Ji won, Excellence Award dimenangkan oleh Lee Su Geun dan Best Excellence Award dimenangkan oleh Lee Seung Gi.

Well, setelah melalui banyak kejadian ditahun 2010 tepatnya kehilangan member. Tahun 2011 juga tidak kalah menegangkan. Dimulai dengan rumor kalau Seunggi akan keluar dari ilbak iil di awal tahun. Mungkin agak sedikit berlebihan, namun waktu membaca berita ini membuat aku tidak bisa tidur lelap. Membayangkan acara ini tanpa Seunggi??? Oh God…meskipun aku tahu suatu hari nanti Seunggi akan wamil dan saat itu dia harus keluar dari acara ini, tapi cukup membayangkannya saja sudah menyedihkan. Ternyata ini tidak sekedar rumor, dikarenakan sudah sejak tahun 2010 (tidak tahu tepatnya kapan) kabarnya Hook Entertainment (Managemen Seunggi) sudah mendekati tim produksi ilbak iil, tanpa sepengetahuan Seunggi, untuk membuka kemungkinan Seunggi keluar dari acara ini. Beruntung Seunggi sendiri masih ingin melanjutkan syuting acara ini dan mengkonfirmasi akan tetap bertahan sampai saatnya dia akan menjalankan wamil, so sweet…

Advertisements

About diahaksaeng

Suka menonton drama-drama yang menarik
This entry was posted in 1n2d and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s