Syair Tanpa Etika???

Sebenarnya tema yang akan aku bahas kali ini sudah pernah dibahas sebelumnya di postinganku terdahulu. Namun berhubung tadi menonton Metro TV yang sedang membahas tentang “Syair Tanpa Etika” yang sekarang sedang menjamur di tanah air. Jadinya ingin menuliskan kembali deh tentang hal ini.

Memang sangat disayangkan sekarang sepertinya para musisi kita sedang mengalami penurunan kreativitas. Yang lebih parahnya, kenapa itu masih tetap diterima oleh masyarakat dan tetap ditayangkan oleh stasiun-stasiun TV tanah air. Apakah karena alasan keuntungan semata? Sehingga sama sekali tidak memperhatikan dampaknya pada masyarakat. Sangat ironis, sekarang anak-anak lebih hafal lagu-lagu band, boyband maupun girlband yang liriknya sama sekali tidak jelas, dibandingkan dengan lagu-lagu wajib nasional. Bahkan saat wartawan Metro TV menyuruh anak SD yang diwawancarainya menyanyikan lagu Ibu Kartini, mereka menyanyikan dengan tersendat-sendat dan banyak yang tidak tahu. Namun ketika disuruh menyanyikan lagunya 7Icon malah hafal. Lalu siapa yang harus disalahkan ? Siapa yang harus bertanggungjawab atas semua ini?

Well, menurutku ini semua terjadi karena masih ada yang mau mendukung karya-karya yang tidak berkualitas tersebut. Seperti masih banyak stasiun TV yang menayangkan dan masih banyak yang menontonnya. Kalau aku pribadi, terus terang sudah sangat lama tidak pernah mengikuti perkembangan lagu-lagu Indonesia. Bukannya tidak cinta produk dalam negeri, tapi memang semua itu rasanya tidak pantas saja untuk didengar atau ditonton.

Karena hal ini sudah terlanjur terjadi, tidak ada gunanya jika mencari siapa yang salah dan yang harus bertanggungjawab. Namun yang terpenting adalah solusinya. Untuk itu ada baiknya kita melihat sistem industri hiburan di Korea. Meskipun terkadang aku merasa dunia hiburan Korea sangat kejam sehingga banyak artisnya yang memilih mengakhiri hidup dengan gantung diri dan juga sampai membuat MC nasional Kang Hodong harus keluar dari acara kesayanganku Ilbak Iil. Namun, melihat keadaan sekarang sepertinya bagus juga jika diterapkan di sini.

Biar kita buat perbandingan, kalau disini yang katanya sangat menjunjung budaya timur, namun malah suka berlebihan, tidak beretika, dan kadang suka semaunya. Namun di Korea, kesopanan sangat dijunjung tinggi. Kalau ada yang berlaku agak kurang sopan sedikit saja maka akan menjadi masalah besar, seperti yang sekarang sedang dialami oleh T-Ara.

Nah, kembali lagi ke masalah musik, bukankah Korea sekarang merupakan negara dengan perkembangan musik  yang sangat pesat. Bahkan boyband/girlband disini juga banyak yang mencontohnya. Kalau di Korea sana, jika ada sedikit saja lirik lagu yang menurut mereka tidak baik, apalagi sampai tidak senonoh, maka lagu tersebut akan diboikot dan tidak diperboleh untuk dipromosikan. Kalau semuanya yang memboikot otomatis lagu tersebut tidak akan ditayangkan diprogram musik manapun. Hal ini pasti akan sangat merugikan bagi si artis tersebut. Kalau di Indonesia? Justru yang begitu malah semakin marak ditayangkan… lihat saja acara-acara musik di TV itu, entah lagu apa yang ditayangkan aku juga tidak mengerti.

Dari segi pakaian juga, pakaian yang digunakan artis kita kebanyakan norak (tidak perlu aku sebut deh siapa pasti sudah pada tahu hehehehe). Padahal jika dilihat dari artis Korea, pakaian mereka sederhana saja, tapi cantik. Tidak heboh tapi norak dan jelek.

Aku masih belum menemukan lagu-lagu Indonesia yang memiliki makna mendalam seperti lirik lagu Korea yang telah kutuliskan disini. Kebanyakan lagu-lagu sekarang sama sekali tidak jelas dan tidak punya makna. Semoga para musisi tanah air bisa segera mendapatkan kreativitasnya kembali…

Ngomong-ngomong soalnya lagu, sekarang sedang senang mendengarkan lagu terbarunya Seunggi oppa Yeona Sidae, liriknya so sweet. Nanti deh aku tuliskan…

Advertisements

About diahaksaeng

Suka menonton drama-drama yang menarik
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s