Seunggi dan Yeonye Daesang

Sekarang sudah hampir mendekati penghujung tahun, itu berarti waktunya untuk segala perhelatan award akan sebentar lagi dimulai (maksudnya di Korea, kalau di Indonesia sepertinya masih  belum terjadwal dengan rapi). Sudah menjadi agenda tahunan 3 stasiun TV besar Korea untuk mengadakan acara ini baik itu Yeonki daesang (Drama Award) maupun Yeonye Daesang (Entertainment Award). Setiap stasiun TV ini menggelar acara ini masing-masing.

Berhubung tahun ini Seunggi Oppa tidak main drama jadi aku tidak akan membahas Yeonki Daesang, tapi aku akan fokus membahas Yeonye Daesang. Sebelumnya Yeonye Daesang ini bisa dikatakan di monopoli oleh dua gungmin MC (Nation MC) yaitu Kang Hodong dan Yoo Jae Suk yang notabene selalu bersaing mendapatkan Daesang (award tertinggi).

Berhubung Hodong sekarang sedang dalam masa hiatus, jadinya banyak orang yang tertarik dan berspekulasi siapa yang akan memenangkan Daesang tahun ini. Topik yang sedang hangat dibicarakan adalah “Will Lee Seung Gi Be Able to Beat Yoo Jae Suk for the Grand Prize at the Entertainment Award?”. Perbandingan ini seakan tidak bisa dihindari lagi karena setelah Hodong mengumumkan untuk pensiun sementara dari dunia hiburan, Seunggi yang memandu dua acara bersama Hodong, otomatis berusaha mengisi kekosongan tempat yang telah ditinggalkan Hodong baik itu di Strong Heart maupun di 1n2d.

Oke aku sekarang akan fokus membahas tentang apa yang sekarang  lagi hangat-hangatnya menjadi topik perbincangan (entah dimana hahaha). But it just my personal opinion. Lets start……

Mungkin secara pengalaman Seunggi akan kalah jauh jika dibandingkan dengan Yoo Jae Suk yang sudah malang melintang di dunia per-MC-an (kata yang rancu kkkkkk). Seunggi sendiri baru mulai debut sebagai MC di tahun 2009. Walaupun dia sudah join 1n2d sejak tahun 2007, tapi menurutku kalau di 1n2d itu tidak cocok disebut MC karena konsepnya beda. Meskipun begitu, kemampuannya tidak perlu diragukan lagi, terbukti sampai sekarang oppa berhasil membawakan acara Strong Heart sendirian setelah ditinggal pergi Hodong Hyung (bahasa sok akrab hehehe). Mungkin aku berpikir seperti  ini karena aku sangat menyukai Seunggi oppa. Tapi memang sudah kenyataannya seperti itu, ya mau bagaimana lagi. Terbukti di tahun 2010 yang lalu Seunggi berhasil membawa pulang gelar “chwe-ususang” atau Best Excellence Award yang merupakan setingkat di bawah Daesang dari 2 stasiun TV sekaligus yaitu KBS dan SBS. Malah tahun kemarin dia juga masuk nominasi untuk kategori Daesang di SBS Yeonye Daesang bersama 3 nominasi lainnya yang tergolong sudah veteran dibidang tersebut yaitu Kang Hodong, Yoo Jae Suk, dan Lee Gyeong Gyu. Meskipun pada tahun 2010 yang lalu kemungkinan Seunggi untuk menang Daesang sangat kecil (Daesang dimenangkan oleh Hodong), namun di usianya dan pengalamannya yang masih sangat sedikit merupakan suatu hal yang sangat membanggakan bisa masuk nominasi Daesang dan disejajarkan dengan para seniornya.

Out of topic sebentar  —->   Jujur aku juga sangat senang Hodong yang berhasil memenangkan Daesang di SBS (bias 1n2d) karena sebelumnya sempat kecewa di KBS Yeonye Daesang yang dimenangkan oleh Lee Gyeong Gyu. Sepertinya Seunggi oppa merupakan orang yang paling bahagia dari siapapun melihat Hodong Hyung menang. Maklumlah hubungan mereka yang extraordinary itu kkkkkkk. Di pidato kemenangannya Hodong menyebutkan pemikirannya tentang Seunggi. Pertama kali Hodong merasa kalau Seunggi sangat tampan (Jalsaengkyeotda) dan pekerja keras, tapi sekarang agak sedikit menakutkan kkkkkk, tapi ingin berbagi kemenangan ini dengannya. Ah…Hodong Hyung so sweet…Nonton XMan zaman dulu, Hodong suka memanggil Seunggi dengan ekspresi wajahnya yang sedikit menakutkan, sedikit-sedikit memanggil Lee Seunggi apheuro (maju ke depan). Pokoknya kalau game yang melibatkan Seunggi, Hodong pasti sebisa mungkin akan ikut campur. Contohnya saat game pukul-pukulan dan tiba giliran Hodong main. Sebenarnya pasangannya bukan Seunggi, tapi dia minta gantikan agar Seunggi yang jadi pasangannya. Di game itu, Hodong dan Seunggi satu tim, tapi yang dipukul Hodong bukan tim lawan melainkan Seunggi  seperti sangat sentimen sekali, tapi sebenarnya Hodong sudah benar-benar terpesona dengan Seunggi oppa (memang benar-benar extraordinary relationship). Jadi tidak heran jika Seunggi merasa sangat terpukul saat Hodong harus mengumumkan untuk pensiun sementara dari dunia hiburan karena skandal pajak yang sedang dialaminya (beruntung skandal itu sudah selesai sekarang dan Hodong terbebas dari jeratan hukum. Semoga Hodong cepat kembali lagi ke dunia entertain). Tampak jelas kesedihan di wajahnya saat dia ditanya tentang Hodong disetiap wawancaranya. Setiap kali menonton wawancaranya tentang Hodong, aku jadi ikutan sedih. Beda 180o saat menonton wawancara Saipul Jamil tentang kematian istrinya, yang sepertinya tidak tersirat kesedihan diwajahnya (dasar artis yang aneh kkkkkk, Istrinya meninggal malah dia makin sibuk tampil di TV dan bisa tertawa lepas…jinjja isanghae). Oh ya..bagi yang ingin menonton wawancaranya tentang Hodong bisa ke sini

kembali ke topik semula…

Semenjak ditinggal pergi Hodong (ini bahasanya agak sedikit berlebihan hahahaha), 1n2d tetap meneruskan acaranya dengan hanya 5 member, sementara Strong Heart tetap diteruskan dengan Seunggi oppa sebagai solo MC. Dapat dibayangkan sebesar apa tekanan yang dirasakan Seunggi oppa saat harus membawakan Strong Heart ini sendirian memandu bintang tamu yang sangat banyak. Tapi sekali lagi ini menjadi ajang pembuktian kalau Seunggi oppa juga bisa memandu acara dengan sangat baik sendirian. Sebenarnya aku kurang setuju kalau Seunggi harus melanjutkan acara Strong Heart seorang diri. Menurutku, kalau dia ingin menjadi solo MC sebaiknya memulai dengan program yang baru. Tapi Seunggi bukan orang yang akan lari dari tanggungjawab. Meskipun dia sangat sedih ditinggal Hodong, namun dia memilih untuk tetap melanjutkan acara ini sendirian. Hal ini makin menambah kekagumanku  terhadapnya.

Ada segelintir orang yang mengatakan pihak Strong Heart tidak berani mengambil resiko untuk mencari pengganti Hodong untuk menemani Seunggi membawakan acara ini seperti Star King yang memutuskan untuk menggantikan posisi Hodong dengan Boom dan Lee Teuk. Lalu kenapa Strong Heart tidak melakukan hal yang sama? Padahal Boom dan Lee Teuk juga sudah merupakan anggota tetap Strong Heart. Untuk hal ini aku melihatnya dari pandangan yang berbeda, dan pendapatku ini sama dengan uri Eonni. Mengapa mereka tidak mencari pengganti Hodong di strong Heart? Pertama, karena posisi Hodong tidak akan pernah tergantikan oleh siapapun. Kedua, mereka ingin menjaga perasaan Seunggi karena mereka sangat mengerti siapa Hodong bagi Seunggi (maksudnya extraordinary relationship hehehe).

Sejauh ini, Seunggi bisa membawakan acara dengan sangat baik. Meskipun harus diakui memang agak sedikit berbeda tanpa kehadiran Hodong disisinya. Tapi sendirian menangani belasan orang tamu yang hadir, bukankah itu suatu hal yang sangat tidak mudah, dan Seunggi telah berhasil melakukannya dengan cukup baik. Untuk itu, memang wajar  jika tahun ini dia kembali dinominasikan di kategori Daesang di SBS Yeonye Daesang dan berpeluang untuk menang karena memang dia berhak untuk itu.

Kalau di KBS, masih belum terlalu pasti. Tahun lalu Seunggi hanya masuk kategori “chwe-ususang” dan berhasil membawa pulang gelar itu mengalahkan Sugeun yang sama-sama member 1n2d.

Oke kita bahas 1n2d setelah kepergian Hodong. Sekarang 1n2d masih tetap bertahan dengan hanya 5 member saja. Hodong yang merupakan MC utama/leader member 1n2d sudah tidak ada, membuat kekosongan posisi leader di 1n2d. Di Korea masalah umur sangatlah sensitif. Kita tidak boleh berbicara menggunakan bahasa informal ke orang yang lebih tua. Hal ini membuat suatu peraturan yang sudah umum jika leader dari suatu kelompok merupakan anggota yang paling tua. Sepeninggalnya Hodong, otomatis yang paling tua itu adalah tiiiiiiiiitttttt (orang yang tidak ingin kusebut namanya). Namun, berhubung dia adalah member baru yang sama sekali tidak punya pengalaman dan lebih banyak diamnya, jadi sama sekali tidak bisa diharapkan untuk menjadi leader. Meskipun ada beberapa artikel yang menuliskan tentangnya yang akan menggantikan posisi Hodong (berita paling tidak masuk akal versi uri Eonni wkwkwkwkwk). Kemudian Sugeun, yang merupakan Hyung tertua kedua setelah tiiiiiiiit itu. Sebenarnya aku juga menantikan apakah Sugeun yang akan mengambil alih posisi MC utama, karena secara pengalaman rasanya Sugeun sudah cukup matang untuk membawakan sebuah acara. Tapi sepertinya Sugeun masih kurang bisa untuk memimpin di 1n2d. Lalu, Eun DaeJang (Eun Jiwon aka Eun Choding). Harus diakui kalau Jiwon memang memiliki jiwa kepemimpinan (secara mantan leader Sechkies). Namun, sikapnya yang agak kurang bertanggungjawab dan kekanak-kanakan membuatnya masih belum cocok untuk memimpin member 1n2d lainnya. Buktinya bisa dilihat di 1n2d episode 45-46. Tapi kalau memimpin sub grup memang oke deh (maksudnya : leader Seobseobdang). Kemudian Jongmin…hmmmm, susah menjelaskannya hehehe. Tapi senang deh, di episode yang baru-baru sekarang Jongmin sudah lumayan aktif. Seperti yang dikatakan oleh PD Na saat diwawancara baru-baru ini kalau Jongmin sudah kembali menemukan variety senses-nya. Member yang terakhir tidak lain dan tidak bukan Heodang Seunggi. Seunggi merupakan member termuda, yang otomatis jika berdasarkan umur tidak akan bisa menjadi leader. Tapi yang terjadi malah sebaliknya. Oke, mari kita lakukan analisis dari tiap-tiap episode tanpa Hodong.

Pada episode perdana tanpa Hodong, sepertinya posisi MC utama di isi oleh kombinasi Sugeun-Seunggi, meskipun sepertinya tetap Seunggi yang memimpin. Tapi untuk trip perdana tanpa Hodong ini bisa dikatakan kedudukan Sugeun dan Seunggi berimbang. Namun, di trip-trip selanjutnya, baik itu opening, atau mau mulai bokbulbok, semuanya Seunggi yang memimpin. Mungkin kalian akan mengatakan kalau aku berpikiran seperti ini karena aku fansnya Seunggi. Ya…maybe. Tapi jika dilihat dari episode-episode terbaru 1n2d, memang kenyataannya seperti itu. Meskipun pembawaannya Seunggi saat memandu acara 1n2d ini tidak seperti seorang leader yang benar-benar telah ditunjukkan oleh Hodong sebelumnya. Maklum saja, bagaimanapun Seunggi tetap merupakan member termuda, walaupun dari segi kemampuan sudah tidak perlu diragukan lagi. Pihak 1n2d sendiri tidak penah secara official mengumumkan peran MC utama diberikan kepada siapa. Namun, Seunggi selalu berinisiatif untuk melakukannya, seperti peran Hodong sebelumnya. Maksud “Seunggi selalu berinisiatif” di sini bukan berarti Seunggi serakah dan ingin mengambil posisinya Hodong, tapi lebih karena tidak ada pilihan lain. Di saat member yang lain tidak ada yang mau memimpin, contohnya saat akan mulai bokbulbok, jadi Seunggi-lah yang mengambil alih itu semua.

Untuk itu, akan sangat wajar jika Seunggi masuk nominasi Daesang di KBS Yeonye Daesang dan menang (maybe…), karena memang sesuai dengan apa yang telah dilakukannya. Meskipun persaingan untuk Daesang ini sangatlah ketat sekali. Seunggi harus berhadapan dengan Yoo Jae Suk dan Lee Gyeong Gyu, dan juga Kim Byung Man. Tapi itu bukan berarti tidak mungkin untuk menang. Semoga Seunggi Oppa bisa menang, apalagi kalau bisa menyandingkan Daesang dari SBS dan KBS sekaligus,,,wah daebak.

Advertisements

About diahaksaeng

Suka menonton drama-drama yang menarik
This entry was posted in Seunggi Oppa and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Seunggi dan Yeonye Daesang

  1. rita says:

    kereeeen sangat artikel nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s