Sageuk’s Random World

Sebenarnya bukan mau membahas tentang drama sageuk sih. Secara drama sageuk yang kutonton dari dulu sampai sekarang hanya 2 yaitu Dae Jang Geum dan Dong Yi. Jadi sebenarnya apa yang akan dibahas?

Ini semua berawal karena uri eonnideul yang memang penggemar berat drama Korea, terutama uri Keun Eonni. Sampai-sampai hafal tentang sejarah kerajaan yang ada di Korea, mulai dari zaman 3 kerajaan, yaitu Shilla, Baekje dan Goguryeo sampai ke dinasti Joseon. Maklum saja, hampir semua kisah itu kan sudah dibuatkan dramanya, yang kebanyakan sudah mereka tonton.

Nah, ceritanya kan kami lagi mengulang nonton Jang Geum. Tiba-tiba sang ahli sejarah (baca : Keun Eonni) yang memang tidak bisa diam saat nonton itu buka mulut :

Keun Eonni         :   Eh, ternyata Jang Geum dan Hwang Jini itu hidup dimasa yang bersamaan. Kim Jung Han itu adalah muridnya orang yang dihukum mati di Jang Geum.

Me                         :   Murid Jo Jeong Am? Yang dihukum mati bersama dayang Han akibat bebek bersulfur?

Keun Eonni         :   Pokoknya itulah…

Jageun Eonni     :   Tapi siapa yang duluan? Jang Geum atau Hwang Jini?

Keun Eonni         :   Sepertinya sih Hwang Jini, soalnya Jang Geum kan masih hidup sampai raja selanjutnya.

Me                         :   Eh, belum tentu yang duluan hidup pasti duluan mati. Tapi pasti duluan Hwang Jini deh meninggalnya. Soalnya lihat pekerjaannya, siapa tahu dia terkena AIDS wkwkwkwk

Kita tinggalkan percakapan gila itu. Selanjutnya mari kita cek satu-satu.

Jang Geum dan Hwang Jini memang diceritakan hidup pada masa kekuasaan Raja JungJong. Aku kurang tahu tentang drama Hwang Jini, yang jelas kalau di Jang Geum, Raja JungJong dikisahkan merebut takhta dari Raja Yeonsangun yang kejam. Di masa pemerintahan Raja JungJong inilah, Jang Geum diangkat menjadi satu-satunya tabib wanita Raja. Nah, jika kalian juga mengikuti drama ini pasti tahu kan saat Jang Geum yang saat itu masih menjabat sebagai dayang istana dapur kerajaan itu difitnah berusaha mencelakai Raja dengan memberikan makanan berupa bebek berbelerang. Hal ini yang menyebabkan Jang Geum dan Dayang Han diasingkan ke pulau Jeju. Kita juga tahu kalau itu sebenarnya hanya muslihat dari Dayang Choi yang dibantu oleh Menteri Oh yang waktu itu memanfaatkan situasi tersebut untuk menjatuhkan Jo Jeong Am, yang meskipun tidak pernah muncul tapi namanya selalu disebutkan di drama ini. Hasilnya, Jo Jeong Am dihukum mati dengan tuduhan telah mengkhianati Raja. Untuk lebih jelas, silakan baca di sini.

Jo Jeong Am yang dihukum mati di serial Dae Jang Geum itu merupakan gurunya Kim Jung Han di Hwang Jini (diperankan oleh Kim Jae Won).

Lalu bagaimana dengan Dong Yi? Ya, jelas Dong Yi itu pasti lebih belakangan. Karena Min Jung Ho reinkarnasi jadi Raja Sukjong hehehehe. Just Kidding… Tapi memang berhubungan. Sama-sama masih zaman dinasti Joseon. Tapi Raja SukJong adalah raja ke-19, sedangkan raja JungJong itu merupakan raja ke-11. Untuk lebih jelasnya baca tentang Dinasti Joseon.

Di drama Dong Yi diceritakan kalau anak Dong Yi, pangeran Yeon Ing akan menjadi raja ke-21 dinasti Joseon. Maka untuk melihat kelanjutannya, kalian bisa menonton drama Yi San yang dibintangi oleh Lee Seo Jin. (Tidak tahu siapa Lee Seo Jin? silakan baca kembali arsip 1n2d ^^ ). Drama Yi San ini menceritakan tentang cucunya cicit Dong Yi. Jangan tanya aku tentang bagaimana dramanya. I have no idea about it alias tidak pernah nonton hehehe.

Kalau The Princess man itu di masanya Raja Sejo, yaitu raja ke-7 dinasti Joseon.

Hampir semua drama sageuk pasti mengambil latar tentang raja-raja yang memang nyata. Gara-gara itu uri Jageun Eonni yang memang agak-agak gimana gitu, bertanya kalau Raja Lee Hwon (The Moon That Embrace The Sun) itu raja ke berapa? Hahahaha…padahal sudah dibilang kalau itu hanya fiksi.

Dari drama kita jadi tahu tentang sejarah Korea, lalu bagaimana dengan sejarah Indonesia? Hmmmmm, entahlah. Lihat saja dunia persinetronan kita itu. Padahal sebenarnya kalau mau diangkat jadi drama sepertinya juga tidak akan kalah deh dari drama-drama Korea. Tapi yang ada sekarang, drama yang berlatarkan zaman dahulu tapi ceritanya tidak jelas entah diambil dari zaman kapan. Kalaupun diceritakan diambil pada masa kerajaan tertentu, tapi pasti jalan ceritanya tidak fokus ke sejarah melainkan ke pertempuran-pertempuran gaib yang tidak masuk akal. Tapi yang lebih mengherankan, sinetron seperti itu kok banyak yang nonton ya???

 Ya sudah… sampai di sini dulu ya ^^

Advertisements

About diahaksaeng

Suka menonton drama-drama yang menarik
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Sageuk’s Random World

  1. KKKKK… LOL baca postingan eonni yang ini…
    hmmm 1 keluarga demen yang berbau korea seruuuu bgt kelihatannya :)))))))))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s