Despair (단념)

Masih galau karena tidak bisa datang ke Hope Concert? Ya sudah…mari kita galau bersama hehehe.

Kali ini aku akan menuliskan lirik lagu Seunggi yang sepertinya sangat cocok dengan suasana hati para Airen yang sedang galau. Lagu ini berjudul 단념 (dannyeom) atau Despair. Lagu ini termasuk dalam album Shadow dengan lagu utamanya Uri He-eojija.

Sebenarnya aku juga baru tahun lalu mulai mendengarkan lagu ini, lebih tepatnya baru tahu hehehe. Padahal lagu ini rilis tahun 2009 ya. Tapi karena bukan lagu utama, jadinya aku malas mencari tahu tentang itu. Lalu bagaimana akhirnya bisa tahu dengan lagu ini *pertanyaan untuk diri sendiri* Begini ceritanya…. Tahun lalu ada sebuah acara kalau tidak salah Star Audition yang salah satu jurinya itu adalah Lee Seon Hee. Tahukan siapa Lee Seon Hee itu??? Nah, diacara itu, Lee Seon Hee membawa serta Seunggi dan Lee Seo Jin untuk menjadi juri undangan kali ya,,,atau setidaknya seperti itulah. Karena mereka berdua juga ikut berkomentar. Salah satu peserta audisi tersebut menyanyikan lagu ini. Disitu dituliskan kalau lagu ini dipopulerkan oleh Lee Seunggi. Setelah mendengar lagu tersebut lewat acara itu, barulah mulai mencari tahu tentang lagu ini yang ternyata cukup enak didengar. Apalagi liriknya yang sangat menyentuh ㅠㅠ

Sekali lagi, karena ini bukan lagu utama, jadi tidak ada MV alias video klipnya.

video credit to :

Ini liriknya :

가끔 네 이름 불러본다 또 눈물이 흐른다
다시 네 사진 꺼내본다 넌 여전히 웃어준다
이젠 시간이 좀 흘러서 너 없이 숨을 쉴 수 있다
네가 아프지 않을 수 있다면 네 모든 기억 가져가
내가 아파 해줄게

너무 사랑하니까 많이 사랑하니까
눈물이 많은 너를 나 어떻게
이제 지워야니까 날 미워해도 돼
오랫동안 널 기억해 줄게

가끔 네 자릴 쳐다본다 또 시간이 멎는다
네가 맘 편히 떠날 수 있다면
잠시 잊은 듯 속이며
그렇게 살아볼게

너무 사랑하니까 많이 사랑하니까
눈물이 많은 너를 나 어떻게
이제 지워야니까 날 미워해도 돼
오랫동안 널 기억해

다른 사람 사랑한대도
한 번도 못본척 나를 봐도
심장이 패 일듯 아파도
널 위해 눈물로 참을게

너무 사랑하니까 사랑하니까
널 잊지 못하는 나 어떻게
모두 보내야니까 애써 웃어볼게
나를 잊어도 용서해 줄께

 

Cara bacanya :

gakkeum ni ireum bulleobonda tto nunmuri heureunda
dasi ni sajin kkeonaebonda neon yeojeonhi useojunda
ijen sigani jom heulleoseo neo eobsi sumeul swil su itda
niga apheuji anheul su itdamyeon ne modeun gi-eog gajyeoga
naega apha haejulge

neomu saranghanikka manhi saranghanikka
nunmuri manheun neoreul na eotteotge
ije jiweoyanikka nalmiweohaedo dwae
oraetdongan neol gi-eoghae julge

gakkeum ni jaril chyeodabonda tto sigani meonneunda
niga mam phyeonhi tteonal su itdamyeon
jamsi ijeun deut sogimyeo
geureotge sarabolge

neomu saranghanikka manhi saranghanikka
nunmuri manheun neoreul na eotteotge
ije jiweoyanikka nalmiweohaedo dwae
oraetdongan neol gi-eoghae

dareun saram saranghandaedo
han beondo motboncheog nareul bwado
simjangi phae ildeut aphado
neol wihae nunmullo chameulge

neomu saranghanikka saranghanikka
neol itji mothaneun na eotteotge
modu bonaeyanikka aesseo useobolge
nareul ijeodo yongseohae julge

 

Terjemahannya :

Kadang aku menyebut namamu, dan air mataku keluar lagi
sekali lagi aku melihat fotomu, dan kamu masih saja tersenyum
sekarang, waktu telah berlalu, aku sudah bisa bernafas tanpamu
agar kamu tidak terluka, bawalah pergi semua kenangan itu
tinggalkan semua yang menyakitkan itu padaku

karena aku benar-benar mencintaimu, karena aku sangat mencintaimu
banyak air matamu yang keluar, aku harus bagaimana?
sekarang kita harus menghapusnya, jika kau membenciku juga tidak masalah
aku akan mengingatmu untuk waktu yang lama

kadang aku menatap ke tempatmu, dan waktu berhenti lagi
jika aku bisa membiarkanmu pergi dengan lapang dada
untuk sementara berpura-pura bisa melupakannya
maka aku akan mencoba hidup seperti itu

karena aku benar-benar mencintaimu, karena aku sangat mencintaimu
banyak air matamu yang keluar, aku harus bagaimana?
sekarang kita harus menghapusnya, jika kau membenciku juga tidak masalah
aku akan mengingatmu untuk waktu yang lama

meskipun jika kau mencintai orang lain
meskipun jika kau berpura-pura tidak pernah bertemu denganku
meskipun hatiku akan hancur berkeping-keping
demimu, akan kutahan air mataku

karena aku benar-benar mencintaimu, karena aku mencintaimu
aku tidak bisa melupakanmu, jadi aku harus bagaimana?
karena aku harus melepaskanmu, aku akan mencoba untuk tersenyum meskipun dengan terpaksa
meskipun kau melupakanku, aku akan memaafkanmu.

* Indonesian translation by : diahaksaeng.wordpress.com

About diahaksaeng

Suka menonton drama-drama yang menarik
This entry was posted in Lirik Lagu and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Despair (단념)

  1. bertepuk sebelah tangan… sedih banget liriknya… hiks..
    oppa juga nyayiin ini lagu dihope concert kemarin…. so deep TT___TT

Leave a Reply

