Best Wishes To You (잘 있나요) – GFB OST

Aku tidak pernah menyangka kalau aku akan menuliskan lagu ini. Bahkan sampai sekarang saja aku masih tidak percaya kalau akhirnya aku mulai menyukai lagu ini. Padahal saat baru rilis dan diputar menjadi lagu latar GFB, waktu itu apa reaksiku????? “ah…museun norae????”(mirip dengan dialog Hang Ah di episode 6 saat adegan Piano, tapi dengan nada yang berbeda hehehe). Eh, akhir-akhir ini malah jadi sering mendengarkan lagu ini. Dan semakin didengar, malah jadi semakin suka…Aigooo!!!

Lagu ini berjudul 잘 있나요 (jal innayo) yang bisa kita artikan menjadi ‘apakah kau baik-baik saja?”. Ada beberapa yang menerjemahkan judul lagu ini menjadi “How Are You”, ada juga yang menerjemahkannya menjadi “Best Wishes to You”. Terserahlah mau mengartikannya seperti apa, yang jelas intinya artinya begitu ^_^

Semakin didengar, aku merasakan ada kemiripan antara suara sipenyanyi dengan suara K.Will. Jadinya malah berharap kalau yang menyanyikan lagu ini adalah K.Will. Kalau K.Will yang menyanyikannya, mungkin aku akan langsung suka dengan lagunya sama seperti lagu Love is Crying??? Lalu bagaimana dengan Seunggi? Hmmm, sejujurnya aku juga ingin mendengarkan lagu ini versinya, karena walau bagaimanapun aku menyukai suara K.Will, tetap saja I Love Seunggi’s voice hehehe. Tapi, kita tidak boleh greedy…karena untuk drama ini, Seunggi tidak hanya menyanyikan OST, bahkan juga menciptakannya sendiri, seperti yang sudah kutuliskan di sini. So, tidak masalah bagiku jika kita tidak akan mendengarkan lagu ini versi Seunggi.

Sedikit (atau banyak???) komentar tentang lagu ini.
Lirik dan musiknya benar-benar menyedihkan. Aku suka liriknya, sangat puitis, tidak seperti lagu yang satunya yang menyatakan cinta itu terasa sakit seperti flu o_O. Terus terang, waktu mendengarkan lagu ini pertama kali, aku sama sekali tidak memberikan perhatian pada lirik dan musiknya, jadinya begitu deh responnya hahaha…karena bagiku, suara sipenyanyi (The One) bukanlah tipe suara yang akan kusukai saat pertama kali didengarkan. Well, sampai saat inipun aku juga masih tidak terlalu menyukainya. Makanya selalu berkhayal kalau lagu itu yang menyanyikannya adalah K.Will  ㅋㅋㅋㅋㅋ.

Ah, sepertinya Seunggi dan K.Will tidak pernah bisa mengisi OST untuk drama yang sama. Lihat saja, di Brilliant Legacy, K.Will menyanyikan Love is Punishment, tapi Seunggi tidak menyanyikan satu OST-pun didrama itu. Meskipun lagu Will You Marry Me ikut diputar disitu, tapi itu tidak termasuk OST, hanya sekedar numpang promosi lol. Lalu, di drama My Girlfriend is a Gumiho, giliran Seunggi yang menyanyikan OST, sampai 2 sekaligus, yaitu Losing My Mind dan From Now On I Love You. Jadinya K.Will tidak punya kesempatan deh. Kemudian, tahun lalu…K.Will mengisi OST TK2H untuk tema Jae Ha, dan Seunggipun tidak ikut bernyanyi ٩(͡๏̯͡๏)۶. Loh…kok jadi membahas Seunggi dan K.Will~~~

Well, aku kurang suka dengan suara penyanyinya bukan berarti dia tidak menyanyikannya dengan baik, hanya saja kurang sesuai selera telingaku 😀 Jadi, meskipun begitu, bagiku itu bukanlah kekurangan dari lagu ini. Satu-satunya hal yang kurasakan  kurang dari lagu ini adalah kurangnya koneksi antara lagu dengan tokoh didrama ini. Setidaknya menurutku begitu…Karena bagiku, saat aku mendengarkan lagu yang menjadi OST sebuah drama yang menjadi tema dari sebuah karakter, maka yang terbayang olehku adalah adegan tokoh tersebut. Seperti saat mendengarkan lagu Love is Crying, it’s so Jae Ha, begitupun juga saat mendengarkan lagu From Now On I Love You, pasti akan membayangkan Dae Woong & Miho. Karena begitulah OST drama bagiku, yaitu lagu yang bisa membawa ingatan kita kembali ke drama tersebut.

Nah, kalau tidak salah, lagu ini merupakan tema dari percintaan Kang Chi & Yeo Wool, jadi seharusnya saat mendengarkan lagu ini akan terbayang adegan mereka berdua. Eh, ini malah yang terbayang adalah adegan Seo Hwa saat melihat Kang Chi berubah jadi monster di akhir episode 18. Padahal dulunya aku kurang suka dengan Yoon Se Ah (pemeran Seo Hwa paruh baya). Tidak tahu sejak kapan, yang jelas saat dia jadi bintang tamu di Strong Heart saja sudah kurang suka, ditambah lagi saat menonton Gentleman’s Dignity, jadi makin tidak suka. Alasannya…entahlah~~~tahu sendiri, aku kalau tidak suka dengan orang kadang tidak beralasan hahaha~~~ Jadinya, saat baca tentang kemungkinan dia jadi ibunya Kang Chi, terus terang saja aku kurang suka. Keun Eonni mengejekku…dia mengatakan “si Hong Pro (perannya di Gentleman’s Dignity) yang tidak kau sukai bakal jadi ibunya Seunggi” o_O. Tapi, setelah dia muncul, perlahan perasaan tidak suka itu mulai berkurang. Meskipun tidak juga sampai ke tahap suka hahaha~~~~ Loh, kok jadinya malah membahas Yoon Se Ah…

Kembali ke topik utama, kenapa lagu ini kurang koneksi dengan Kang Chi dan Yeo Wool??? Awalnya aku berpikir mungkin karena terlalu banyak OST, jadi kurang fokus saat pengeditan mau menggunakan lagu yang mana… Lalu kemudian terpikir lagi~~~Kalau itu alasannya, tapi kenapa saat mendengarkan lagu My Love, it’s so Memories of Bali, padahal aku belum pernah menonton dramanya. Love is Punishment juga…Karena sampai sekarangpun aku masih belum selesai menonton Brilliant Legacy, tapi saat mendengarkan lagu itu pasti terbayang Hwan & Eun Seong.

Jadinya, kesimpulanku…mungkin karena liriknya terlalu sedih, dan adegan Kang Chi – Yeo Wool tidak ada yang bisa menggambarkan lirik tersebut. Meskipun cinta Kang Chi dan Yeo Wool itu berakhir tragis dengan kematian Yeo Wool, namun tidak ada adegan mereka berdua yang benar-benar menguras air mata. Bahkan adegan Yeo Wool meninggal saja, aku tidak menangis. Bagiku adegan yang paling menyedihkan adalah saat Kang Chi menanyakan pada Seo Hwa apakah dia sangat dibenci sampai-sampai begitu lahir langsung dibuang ke sungai~~~OMG adegan itu~~~benar-benar menusuk. Mungkin karena itulah, saat mendengarkan lagu ini, yang terbayang olehku malah Kang Chi dan Seo Hwa (Yoon Se Ah) ㅋㅋㅋㅋㅋ

Hmmm…ternyata intronya cukup panjang juga ya ㅋㅋㅋㅋㅋ ya sudah, ini liriknya :

video credit to : LOENENT

잘 있나요 나의 사랑아

눈물이 난다 또 하늘을 본다
바라봐도 추억이 흐른다
니가 없는 하루가 너무 아프다
차오르는 그리움도

사랑이 운다 바람에 날린다
구름 되어 그 길을 따라가
나 이렇게 먼곳에서 바라 본다
잊지 말라던 그대

Reff :
내 눈물아 슬픈 추억아
보고 싶은 그런 사랑아
언제나 같은 하늘 아래 그려본다
그래 나 이렇게 아픔에 살아

하루가 지나가도 하루가 다시 오는 슬픔
죽을 만큼 힘들잖아 나의 사랑

Back to Reff :

니가 없이 가끔 울 것 같은데
아파도 슬퍼도 너를 생각해

잘 있나요 나의 사랑아
보고 싶은 나의 사랑아
언제나 같은 하늘아래 그려본다
그래 나 이렇게 아픔에 살아
오늘도 그렇게 아픔에 산다

 

 

Romanisasinya :

jal innayo na-ee saranga

nunmuri nanda tto haneureul bonda
barabwado chu-eogi heureunda
niga eomneun haruga neomu apheuda
cha-oreuneun geuri-umdo

sarangi unda barame nallinda
gureum dwe-eo geu gireul ttaraga
na ireotge meon-goseseo bara bonda
itji malladeon geudae

Reff :
nae nunmura seulpheun chu-eoga
bogo sipheun geureon saranga
eonjena gatheun haneul arae geuryeobonda
geurae na ireotge apheume sara

haruga jinagado haruga dasi oneun seulpheum
jugeul mankheum himdeuljanha na-ee sarang

kembali ke Reff :

niga eobsi gakkeum ul geot gatheunde
aphado seulpheodo neoreul saenggaghae

jal innayo na-ee saranga
bogo sipheun na-ee saranga
eonjena gatheun haneul arae geuryeobonda
geurae na ireotge apheume sara
oneuldo geureotge apheume sanda

 

 

Terjemahannya :

apakah kau baik-baik saja cintaku?

airmataku keluar saat aku melihat langit kembali
hanya dengan melihat, kenanganpun berlalu
hari tanpamu terasa sangat sakit
penuh dengan kerinduan

cintaku menangis dan tertiup angin
menjadi awan dan mengikuti jalan itu
seperti inilah aku melihatmu dari tempat yang jauh
kau yang tidak ingin kulupakan

Reff :
air mataku, kenangan yang menyedihkan
cinta yang seperti itu yang kurindukan
kapanpun aku akan mengambarmu di bawah langit yang sama
iya, aku hidup dalam kesedihan seperti ini…

walaupun hari telah berlalu, namun kesedihan tetap datang kembali
terasa sangat sulit seperti akan mati, cintaku

kembali ke Reff :

tanpamu, kadang aku seperti akan menangis
meskipun sakit dan sedih, namun aku tetap memikirkanmu

apakah kau baik-baik saja, cintaku?
aku merindukanmu, cintaku
kapanpun aku akan mengambarmu di bawah langit yang sama
iya, aku hidup dalam kesedihan seperti ini…
hari inipun aku hidup dalam kesedihan seperti ini~~~

 

Korean lyric credit to : bugs via tryp96
Romanisation and Indonesian translation by : diahaksaeng.wordpress.com

About diahaksaeng

Suka menonton drama-drama yang menarik
This entry was posted in Lirik Lagu and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Best Wishes To You (잘 있나요) – GFB OST

  1. Nietha Rakieb says:

    Thats Good (y)

Leave a Reply

