Grumble (투정)

Gara-gara lagu Addio, jadi malah menemukan lagu ini. Loh…apa hubungannya???

Ceritanya begini…

Karena ada yang menyarankan untuk menuliskan lirik lagu Addio, jadinya membuat aku yang tidak pernah mendengarkan lagu itu merasa penasaran, apa lagu itu memang bagus??? (saat nonton MV-nya, mungkin saking fokusnya ke jalan ceritanya yang menyedihkan, jadi tidak pernah fokus ke lagunya  -_-;;; ). Cari-cari di folder musik Seunggi + Remake album Vol 1 ternyata isinya hanya lagu Jebal hahaha~~~ Lalu aku teringat kalau pernah mendownload fancam-nya pada Hope Concert 2012 yang lalu. Saat ditonton, masih tidak terlalu jelas..yah, namanya juga fancam. Jadi kuputuskan untuk cari mp3-nya. Eh, pas mp3-nya dibuka, terdengar seperti lagu yang berbeda dengan yang difancam. Perlu beberapa kali dengar bagiku untuk memastikan kalau itu adalah 2 lagu yang berbeda hehehe. Jadinya aku memutuskan untuk buka lagi deh MV-nya yang super panjang itu. Untung lagu Addio letaknya diawal MV, jadi tidak perlu deh melihat adegan-adegan mengerikan yang ada di MV itu. Kesimpulan setelah menonton MV??? Ternyata aku salah beri judul lagu fancam yang kudownload hahahaha~~~ Jadinya tambah penasaran di fancam itu isinya lagu apa, karena memang aku juga tidak pernah mendengar lagu itu sebelumnya. Karena terus terang, tidak semua lagu Seunggi kudengarkan, terutama lagu-lagu dari album-albumnya terdahulu.

Nah, sebenarnya lagu apakah yang ada di fancam itu?

Setelah mengacak-acak file Hope Concert 2012 di blog-blog airen, akhirnya kutemukan juga~~~ Ternyata  judulnya adalah 투정 (tujeong) yang dalam bahasa Inggrisnya diartikan menjadi Grumble, yang merupakan lagu dari album ketiga, Story of Separation.

Lagu ini tidak punya MV, ini fancam yang aku salah beri judul itu ㅋㅋㅋㅋㅋ~~~

video credit to : Maho pa

 

Ini Liriknya :

아니야 잘못 들은 거 맞지
말 좀 해봐 정말 너 왜 그래
어제만 해도 괜찮았잖아
바보처럼 또 왜 그래
나는 널 못 보내..

술만 마시면 매일 전화할 거야
너 없이는 밥도 잘 안 먹고~
매일 담배만 피우고 숨도 쉬지 않을 거야
그만큼 헤어지기 난 싫다..

Reff :
보고 싶다 말도 못하고
내일 보자는 말도 못하고
니 생일 못 챙겨 준 거
미안하다는 말도 못하고~~
너의 집 앞에 바래 다 주던
그런 일도 이젠 다신 못할 텐데
안녕이라는 말 제발 내 앞에서 하지 마..

비가 내리면 너의 집 앞에 가서
우산 없이 비를 맞을 거야
감기라도 걸린다면 네가 걱정할 테니까
그땐 네 얼굴 볼 수 있겠지

Back to Reff :

내가 더 잘할게 내가 다 고칠게
네가 원하는 건
그러니까 제발 날 떠나가지 마~~

나 같은 거 이젠 싫으니~
나 같은 사람 이젠 지겹니
너의 손을 잡는 것도 몸서리치게 싫어진 거니

바라만 봐도 좋던 우리가
우리가 왜 이런 이별을 해야 해~~
자꾸 울게 돼서 더는 못 있겠어
잘 가 ..

 

Romanisasinya :

aniya, jalmot deureun geo matji?
mal jom haebwa jeongmal neo wae geurae
eojeman haedo gwaenchanatjanha
babocheoreom tto wae geurae
naneun neol mot bonae

sulman masimyeon mae-il jeonhwahal geoya
neo eobsineun babdo jal an meoggo
mae-il dambaeman phi-ugo sumdo swiji anheul geoya
geumankheum he-eojigi nan silhda

Reff:
bogo shipda maldo mothago
nae-il bojaneun maldo mothago
ni saengil mot chaenggyeo jun geo
mianhadaneun maldo mothago
neo-ee jib aphe barae da judeon
geureon ildo ijen dasin mothal tende
annyeongiraneun mal jebal nae apheseo haji ma

biga naerimyeon neo-ee jib aphe gaseo
usan eobsi bireul majeul geoya
gamgirado geollindamyeon niga geokjeonghal tenikka
geuttaen ni eolgul bol su itgetji

Back to Reff :

naega deo jarhalge naega da gochilge
niga weonhaneun geon
geureonikka jebal nal tteonagaji ma

na gateun geo ijen sirheuni
na gateun saram ijen jigyeomni
neo-ee soneul jamneun geotdo momseorichige sirheojin geoni

baraman bwado jotdeon uriga
uriga wae ireon ibyeoreul haeya hae
jakku ulge dwaeseo deoneun mot itgesseo
jal ga~~~

 

Terjemahannya :

Tidak, aku pasti salah dengar, benarkan?
Tolong bicaralah, kamu kenapa begitu?
Kemarin masih baik-baik saja
Kenapa begitu lagi seperti orang bodoh
Aku tidak bisa melepasmu pergi

Aku hanya akan minum alkohol dan menelponmu setiap hari
Tanpamu bahkan makanpun aku tidak bisa
Setiap hari hanya merokok, bahkan tidak akan mudah bernapas
Sebesar itulah aku membenci perpisahan ini

Reff :
Aku bahkan tidak bisa mengatakan aku merindukanmu
‘Sampai bertemu besok’ bahkan itupun tidak bisa kukatakan
Aku tidak bisa merayakan ulang tahunmu
Kata maafpun tidak bisa kukatakan
Mengantarmu pulang sampai ke depan rumahmu
Hal itupun sekarang tidak akan lagi bisa kulakukan
Kata ‘selamat tinggal’ tolong jangan ucapkan di depanku

Jika hujan turun, aku akan pergi ke depan rumahmu
Karena tanpa payung, kau akan tertimpa hujan
Karena aku khawatir kalau kamu bisa terkena flu
Saat itu aku bisa melihat wajahmu, iyakan?

Kembali ke Reff :

Aku akan lebih baik, aku akan memperbaiki semuanya
Hal yang kau inginkan
Karena itu, tolong jangan pergi tinggalkan aku

Apakah sekarang kau membenci aku?
Apakah sekarang kau muak dengan orang sepertiku?
Apakah kau juga benci saat aku memegang tanganmu?

Kita yang dulunya kelihatan sangat serasi
Kenapa kita harus menghadapi perpisahan seperti ini
Karena aku terus menangis akan semakin tidak bisa
Selamat tinggal~~

 

 

lirik Hangeul credit to : jetlyrics
Romanisasi dan terjemahannya oleh : diahaksaeng.wordpress.com

 

 

Komen sedikit tentang lagu ini :

Aku bukanlah ahli musik, jadi aku tidak punya masalah dengan musiknya. Sejujurnya, aku cukup menyukainya. Aku tipe yang ketika mendengarkan lagu, tidak hanya fokus ke musik tapi juga memperhatikan liriknya. Meskipun aku juga bukan ahli seni ataupun sastra, tapi setidaknya aku tahu sedikit tentang bagaimana lirik yang indah itu, yaitu yang punya makna yang baik dan mendalam, serta kata-katanya tertata rapi, mengikuti aturan kalau dalam bahasa pantun itu disebut rima.  Untuk beberapa alasan itulah, sudah sejak lama aku tidak pernah lagi mendengarkan lagu-lagu dalam negeri *mianhae* Bukannya tidak cinta produk dalam negeri…hanya saja tidak menemukan lagu yang bisa membuatku tertarik untuk mendengarkannya. Untung Seunggi adalah penyanyi ballad yang lagu-lagunya memang sangat memperhatikan lirik, jadi kebanyakan lagunya memang sesuai selera ㅋㅋㅋㅋㅋ

Balik lagi ke lagu ini…Sebenarnya juga tidak ada yang salah dengan liriknya. Hanya saja, jika dibandingkan dengan lagu-lagu Seunggi yang lain yang telah kutuliskan sebelumnya, mungkin lagu ini mempunyai lirik yang paling kurang indah kali ya~~~ Bahkan dibandingkan dengan lagu Melody yang liriknya bisa dikatakan ringan. Setidaknya untuk ukuran lagu melo, kata-kata yang digunakan sangat biasa. Ada beberapa bagian lirik lagu ini yang maknanya kurang indah (bagiku), terutama pada bait ke-2. Sebenarnya pada bait pertama sudah bisa tersentuh, tapi pas masuk bait ke-2 tepatnya bagian “밥도 잘 안 먹고~매일 담배만 피우고 숨도 쉬지 않을 거야” (makanpun aku tidak bisa, Setiap hari hanya merokok, bahkan tidak akan mudah bernapas), entah kenapa setiap mendengar bagian itu, aku yang tadinya mulai terbawa suasana lagu jadi malah tertawa ㅋㅋㅋㅋㅋ

What the hell “tidak bisa makan, hanya merokok setiap hari, dan bahkan tidak akan mudah bernapas”. Tidak mudah bernapas??? Asma??? Tahu sih maksud dari liriknya yaitu untuk menunjukkan rasa keputusasaannya akibat patah hati. Tapi tetap saja kata-kata itu terasa sangat-sangat tidak indah.

Kata-kata itu mengingatkanku pada wali kelasku saat duduk di kelas 6 SD dulu. Wali kelasku itu mengatakan “kalau sudah malas makan, malas bernapas…siap-siap saja, biar lebih cepat, silakan beli ba**on” hahaha~~~ Ada-ada saja deh wali kelasku itu.

Meskipun begitu, lagu ini tetap enak didengar kok~~~Ditambah lagi karena Seunggi yang menyanyikannya, jadi gwaenchana ^_^

Selain lirik yang kurang kusuka itu, lagu ini juga punya lirik yang paling bagus (menurutku) yaitu pada bait ke-2 dari akhir. Bagaimana dengan kalian???

About diahaksaeng

Suka menonton drama-drama yang menarik
This entry was posted in Lirik Lagu and tagged . Bookmark the permalink.

6 Responses to Grumble (투정)

  1. hargiyati says:

    chingu addio udh prnah translete kah?

  2. hargiyati says:

    ok deh.. ditunggu..
    cayoooo

  3. Mira Safira says:

    Hai Dia, salam kenal. mengenai pendapat kamu soal lagu dalam negeri, masa iya sih seburuk itu? dulu aku fans berat dewa 19. dan lirik mereka, suerrrr, belom pernah denger lirik yang seperti lagu2 dewa sebelumnya. tapi tambah ke sini mereka tambah suck, karena dhani terlalu sibuk mikirin cara buat terus pertahanin popularitas dia (ah, suck). dan selain dewa 19 tentu ada banyak lagi, contoh five minutes dll (lupa udah lama juga gak denger lagu2 indonesia). dan sekarang emang udah gak denger lagu indonesia, tapi aku tetep percaya pasti lagu2 yang bagus masih ada, meskipun gak kayak jaman keemasan dulu.
    oh ya, aneh juga… kupikir kamu denger semua lagu Lee Seung Gi, he he. aku denger semua, dan lagu no 1 favorit aku adalah Just One Time. lalu yang lainnya : Beautiful One, Foolish Love, i’m affraid it will happen, my possession, a night like tonight, paradise, nobody, we were in love, wedding veil, words of love, iam a bad guy, wherever, love taught me to drink. kalo yang lain suka juga, tapi yang tadi itu yang lagi masuk fave playlist.
    sory kalo gak penting ya, he he.
    pokoknya makasih buat postingan2nya. dan jelous banget gak bisa dapetin nunas over flower (gak bisa donlod dari hape, hiks)

    • diahaksaeng says:

      Hai…salam kenal juga. makasih udah mampir dan berbagi pendapat. 😀
      Mengenai masalah lagu dalam negeri…aku ga mengatakan semuanya. terus terang dulu juga banyak lagu yang bagus, tp sekarang…sepertinya kualitasnya benar2 menurun. Klu dulu aq juga lagu-lagu Letto…
      Aneh ya, ngakunya Airen tp ga semua lagunya pernah didengarkan? hehehe…ya gitu deh.
      WOW…beberapa lagu yang kmu tuliskan itu jg ga pernah aq dengar. Aq tahunya cuma lagu2 yg populer, kecuali 2 album terbarunya…semuanya didengarkan. tapi klu album2 lama ga semua, dan itu perlu ada suatu hal tertentu yg bisa buat aq tiba2 mw mencari lagu2 lamanya, kyk lagu grumble ini nih…lagu Melody jg dulunya aq ga suka, tp gara2 dengar dia perform lagu itu di YHY Sketchbook malah jadi suka 😀
      Oh ya…ga bisa download NoF? Download ke PC aja ^_^

      • Mira Safira says:

        Wow, Letto… lupa kalo pernah koleksi album mereka, they’re both simple and amazing (sampe beli 3 kali untuk album yang sama krn keseringan diputar terutama lagu innosences innosence, ha ha)
        Kebiasaan ekstrim aku dari dulu kalo udah suka sama band, selalu ngotot ngoleksi semua lagu mereka. Sama kayak Lee Seung Gi (pertama kalinya tergila2 sama solois, biasanya selalu band). Setiap hari kerjaannya cuman ngubek2 youtube dan web cuman buat nyari everything lee seung gi dan semua lagunya (sory gak modal). Dan berhasil ngumpulin semua lagunya plus… 4 konser full (2 hope concert dan 2 japan concert).
        Kesel banget karena sampe sekarang cuma bisa nonton potongan2 dan sedikit full episode 1n2d dari youtube (gak pernah berhasil donlod dari blogspotnya)
        Dan baca postingan2 di sini bener2 ngurangin rasa kecewa tadi.
        So tengkyu tengkyu, n mudah2an selalu produktif, keep up the good work 🙂

Leave a Reply

