Yi San

Akhirnya bertambah juga daftar drama sageuk yang kutonton. Lucunya semua drama itu disutradarai oleh orang yang sama dan ditayangkan oleh stasiun TV yang sama juga. Drama ini berjudul Yi San yang dibintangi oleh Lee Seo Jin aka Midae Hyeong, dan Han Ji Min (Dae Jang Geum, Rooftop Prince). Yi San ditayangkan dari akhir 2007 sampai awal tahun 2008 dengan jumlah episode sebanyak 77 episode dan dengan rating yang lumayan bagus.

Masih ingat dengan Ji Sang Ryeol? Bukan salah satu kameramen 1n2d, namun member original 1n2d. Dia memutuskan untuk berhenti dari 1n2d untuk syuting drama ini, dan akhirnya dia digantikan oleh Kim C. Lee Seo Jin juga mendapatkan gelar Midae Hyeong di 1n2d. Eh, berhenti dulu untuk menghubung-hubungkannya dengan 1n2d lagi hehehe.

Sebelumnya sempat kutuliskan di Sageuk’s Random World bahwa drama ini merupakan lanjutan dari drama Dong Yi, meskipun drama ini dibuat lebih dulu. Namun, aku salah. Yi San memang raja ke-22 dinasti Joseon setelah raja Yeongjo (anak Dong Yi). Tapi, Yi San bukan cucu Dong Yi, melainkan cucu raja YeongJo (cicit Dong Yi???). Jadi, bagi yang belum menonton drama ini, disarankan untuk menonton Dong Yi terlebih dahulu, biar makin mengerti.

Yi San/Lee San sendiri adalah raja ke-22 dinasti Joseon dengan gelar raja Jeongjo, dan merupakan salah satu raja tersukses setelah Sejong DaeWang (The Great King Sejong).

Jika di akhir drama Dong Yi adalah awal pemerintahan raja YeongJo, maka di awal drama Yi San adalah dipertengahan pemerintahan raja YeongJo, yaitu di saat Yi San masih berumur 11 tahun dengan gelar  세손 저하 (seson jeoha) yang merupakan anak dari putra mahkota alias cucu raja. Akibat kekejaman dan keserakahan para menteri dipemerintahan raja YeongJo membuat Yi San harus kehilangan ayahnya di usianya yang masih sangat muda. Ayahnya dianggap bersalah atas tuduhan mencoba menggulingkan pemerintahan raja YeongJo, sehingga dihukum dengan cara dimasukkan ke dalam tong tempat beras dan ditutup rapat. Dia meninggal dihari kedelapan setelah dikurung. Tidak hanya itu, sepeninggalan ayahnya Sa Do Seja Jeoha (putra mahkota Sa Do), Yi San terus menghadapi banyak musuh yang setiap saat selalu ingin membunuhnya atau membuatnya kehilangan gelar sebagai pewaris takhta.

Yi San diperankan dengan apik oleh Lee Seo Jin sehingga membuatnya berhasil mendapatkan Male Top Excellence Award di 2007 MBC Drama Awards. Sedangkan Han Ji Min memerankan Seong Song Yeon yang kemudian menjadi salah satu selir raja JeongJo/Yi San dengan gelar 의빈 (Eebin/Uibin) dan merupakan cinta sejati Yi San. Drama ini juga membawa Han Ji Min untuk mendapatkan Female Excellence Award di 2007 MBC Drama Awards.

Drama ini memiliki alur cerita yang cukup lambat, atau bisa dikatakan sangat lambat. Bahkan untuk menceritakan waktu satu hari saja bisa memakan beberapa episode. Tapi anehnya, dengan pemaparan alur yang sangat lambat ini, aku sama sekali tidak merasa bosan menontonnya. Bahkan langsung jatuh cinta dari episode pertama. Padahal, dulu saat menonton Jang Geum maupun Dong Yi, episode awal yang menceritakan masa kecil mereka pasti aku skip karena bosan. Namun tidak untuk drama ini. Ya..meskipun dari segi akting, pemain anak-anaknya masih jauh dari kata memukau, namun tidak juga bisa dibilang jelek. Tapi karena jalan ceritanya yang menarik jadi tidak bosan sama sekali, dan tidak tahan untuk terus menonton episode selanjutnya.

Drama ini juga bukan tipe romantical drama seperti tipe drama Korea pada umumnya, karena fokus drama ini memang bukan pada kisah percintaannya melainkan pada perjalanan hidup Yi San membangun Joseon. Tidak seperti Dong Yi, drama ini sama sekali tidak ada kiss scene. Meskipun begitu, thanks to akting yang memukau dari Lee Seo Jin dan Han Ji Min, jadi dengan hanya sekedar bertatapan mata, berpegangan tangan, dan juga berpelukan, kita sudah bisa ikut merasakan apa yang karakter drama ini rasakan. Yi San memang diceritakan sebagai karakter pekerja keras, bukan tipe pria playboy pengejar wanita-wanita cantik seperti tokoh-tokoh raja pada umumnya (termasuk Lee Jae Ha juga kali ya 🙂 ). Kata uri Keun Eonni sih, semua itu salah si raja prodigy yaitu si Geum anak Dong Yi yang tidak berperasaan membunuh anaknya sendiri yang merupakan ayah Yi San.

Tidak disangka ya, anak Dong Yi yang masa kecilnya itu sangat lucu, namun ketika besarnya jadi begitu. Setiap nonton ini, Keun Eonni selalu saja menggerutu tentang Geum atau raja YeongJo itu yang tidak berperasaan sehingga cucunya jadi begitu katanya. Kebetulan yang memerankan raja YeongJo adalah Lee Soon Jae. Penggemar TK2H pasti tahu dong siapa Lee Soon Jae!!! Yupp, yang memerankan Eun Gyu Tae, sekretaris kerajaan. Kata keun Eonni lagi, setiap dia melihat Lee Soon Jae, selalu terbayang pengkhianatannya terhadap Jae Ha. Jadi akupun bingung, sebenarnya dia tidak suka dengan raja YeongJo atau pemerannya??? Jawabannya dua-duanya lol.

Oh ya…bagi yang sudah menonton Dong Yi, masih ingatkah dengan cincin yang diberikan raja Suk Jong (Ji Jin Hee) kepada Dong Yi (Han Hyo Joo) setelah Dong Yi menjadi dayang istimewa? Siapa sangka, kalau cincin itu memiliki peran yang cukup penting di drama ini. Karena ternyata cincin ini memiliki arti yang sangat penting bagi Geum alias raja YeongJo, dan semua orang di istana termasuk para menteripun tahu tentang hal itu. Saat dia ingin memberikan cincin itu, dia menyebutkan dengan jelas kalau cincin tersebut adalah cincin ibunya Suk Bin Choi Ssi yang tak lain dan tak bukan adalah Dong Yi. Selain itu, disaat Ibu Yi San melarang hubungannya dengan Song Yeon karena status Song Yeon yang merupakan dari kalangan bawah (lowborn/low status), maka Yi San mengungkit kalau ayah dari kakeknya yaitu raja Suk Jong juga memiliki selir dari kalangan bawah, yang tak lain adalah Dong Yi. Komen uri Keun Eonni, “buah jatuh tak jauh dari pohonnya, sesama pecinta lowborn” lol. Tapi bedanya, Dong Yi masuk istana disaat Daebi Mama (Ibu suri) sudah tidak ada. Jadi Dong Yi tidak sempat merasakan kejamnya rezim ibu mertua hahahaha.

Jika drama Dae Jang Geum lebih menonjolkan tentang dayang dapur istana dan tabib istana, Dong Yi lebih menonjolkan tentang dayang pengawas kerajaan, maka di Yi San kita bisa menemukan tentang Royal Artist (pelukis) dan juga Damo (wanita yang bekerja sebagai pembantu di tempat pelukis). Sepertinya memang di zaman ini, pekerja seni sangat berkembang.

Karena disutradarai oleh orang yang sama, jadi jangan heran jika kita banyak menemukan pemain yang sudah familiar, baik itu di Dae Jang Geum maupun Dong Yi. Lucunya lagi, ada adegan yang dibuat seolah-olah berhubungan dengan drama Dae Jang Geum (NB : Dong Yi masih belum dibuat). Adapun adegan itu berhubungan dengan pemain yang tentunya juga muncul di Dae Jang Geum. Masih ingatkan dengan Dayang Min, yang diakhir cerita dikisahkan menjadi Dayang Utama Dapur Kerajaan, serta Young Ro yang menjadi pengikut Dayang Choi yang akhirnya dibunuh untuk menutupi kejahatan keluarga Choi? Nah, Kalau di Yi San mereka malah berteman dan sama-sama menjadi Dayang Pribadi. Dayang Min menjadi Dayang Pribadi Ratu, sedangkan Young Ro, yang awalnya merupakan seorang Damo, ketika Seong Song Yeon yang juga seorang Damo menjadi selir raja, maka dia diangkat oleh Ratu untuk menjadi Dayang Pribadi Song Yeon. Lalu apanya yang lucu? Ada adegan dimana mereka berdua berkata kalau mereka merasa familiar dengan wajahnya masing-masing. Lalu si Young Ro mengatakan mungkin dikehidupan masa lalu mereka berteman??? Lalu Dayang Min berkata, itu tidak mungkin, namun jika mereka dikehidupan masa lalu bertemu, pasti bermusuhan hahahaha. Kemudian ada lagi satu adegan dimana mereka mempersiapkan makanan di dapur kerajaan. Dayang Min berkata ke Young Ro kalau berada di dapur kerajaan terasa sangat familiar, dan mengatakan mungkin mereka dikehidupan masa lalu merupakan Dayang di Dapur Kerajaan lol.

Gara-gara drama ini, aku yang awalnya hanya tahu tentang Lee Seo Jin karena dia adalah teman satu manajemen dengan Seunggi, yang juga dibawanya bersama ke 1n2d di episode Best Friend Special, jadi makin suka hahaha. Suka dengan senyumnya…Biar kata bagi orang lain dia tidak tampan, tapi juga tidak jelek. Senyumnya itu loh… Aigooooooo Midae Hyeong!!!! Neomu joa hehehehe. Tapi, bukan keun Eonni namanya kalau tidak berkomentar yang jelek-jelek. Midae Hyeongpun tidak luput dari itu. Jika melihat Lee Seo Jin, pasti Keun Eonni komen “Ihhhh…si playboy yang mematahkan hati Lee Hyo Ri dan Kim Jung Eun”. Well, whatever…I don’t care!!! Just see his smile and…neomu joa lol.

Jadi, intinya…bagi penggemar drama sageuk, sangat direkomendasikan untuk menonton drama ini 😀

Advertisements

About diahaksaeng

Suka menonton drama-drama yang menarik
This entry was posted in Drama and tagged , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Yi San

  1. rajif says:

    Aku udah nonton dan itu keren banget
    oh yah km udah nonton jang ok jung live in love
    di situ karakter dong yi di buat jahat dan jadi genit penggoda dan serakah
    trus komentar2 fans jang ok jung bilang kalau drama dong yi itu palsu yg bener itu jang ok jung
    trus raja ga perna cinta ma dong yi dan raja juga nendang dia keluar dari istana karna dia jahat
    jelas2 di sejarah di tulis dia selir yg baik dan bijaksana dan selalu menghormati kelas bawah
    dan sangat jelas raja mencintai dia dan bahkan maysarakat dan para mentri tau
    berdasarkan sejarah surat cinta sukjong dan cincinnya

  2. rajif says:

    Mau nanya dong the great king sojong
    DVD nya beredar di indo ga sih ?

    • diahaksaeng says:

      waduh aq kurang tw ya…tp coba cari aja, mungkin aja ada. kamu suka drama yg sejarah2 gitu ya….
      btw, aq ga nonton Jang Ok Jung, soalnya saingan GFB hehehe…klu masalah SukJong cinta apa ga sama Dong Yi, aq jg ga tw. Soalnya di Dong Yi memang bnyk yg ga sesuai. tp katanya memang SukJong tertarik dg kebaikan hati Dong Yi gitu. tp ga tw juga klu memang Dong Yi yg plg disayang apa ga, soalnya SukJong itu termasuk salah satu raja yg punya banyak selir.

  3. Ada yang tau bagaimana surat cinta sukjong ke dong yi ? boleh dong di share..aku sebenernya suka banget sama dong yi cuman setelah banyaknya serangan dari fans nya JOJ LOL itu jadi agak ragu yang bener yang mana nih? karena mereka juga nunjukin banyak bukti kalau Dong yi itu lebih banyak ke fiktifnya

  4. anonim says:

    yuppss…dong yi itu mmg seorang musuri..Itu jg knyataan d film JOJ…cuma emg karakternya agk brlrbihan deh si Dong Yi di JOJ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s